Sabtu, 18 Juni 2011

MANUSIA SAIN DAN TEKNOLOGI

Sain dan teknologi dapat berkembang melalui penemuan ( discovery ), penciftaan ( invention ), melalui berbagai bentuk inovasi dan rekayasa. Sain adalah ilmu pengetahuan yang teratur ( sistematik ) yang dapat di uji kebenarannya sesuai dengan realita.
Teknologi merupakan keterampilan manusia menggunakan sumber daya alam untuk memecahkan satu masalah yang dihadapi dalam kehidupan kegunaan IPTEK bagi manusia sangat tergantung dari, moral, norma dan hokum yang mendasarinya. IPTEK tanpa nilai sangat berbahaya dan manusia tanpa IPTEK mencerminkan keterbelakangan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat mendatangkan kemakmuran materi. Dengan menggunakan cabang-cabang ilmu pengetahuan baru, kita dapat memperoleh hasil. Perkembangan ilmu pengetahuan dan tenologi bergerak cepat, sehingga perlu ditanggapi dan dipersiapkan dalam menghadapinya sesuai kebutuhan bangunan.
Manusia sebagai subjek dan objek IPTEK dengan adanya kemajuan ilmu teknologi manusia dapat menciptakan perlengkapan yang canggih untuk berbagai kegiatan sehingga dalam kegiatan kehidupannya tersedia berbagai kemudahan.
Makna IPTEK
 Perkembangan Teknologi dapat menghasilkan kemakmuran bagi masyarakat
 Sifat ketidakpuasan manusia mendorong kemajuan teknologi digunakan untuk memudahkan kehidupan menusia.
Nilai IPTEK
 IPTEK dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pembangunan.
 Perkembangan IPTEK harus mampu menyesuaikan nilai yang dianut suat masyarakat.

Faktor Penghambat Manusia Untuk Maju
• disiplin yang rendah
• daya juang yang rendah
• tidak jujur
• bahasa
• tidak adanya penghargaan

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP ( WORLD VIEW )

Pandangan hidup artinya pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan atau petunjuk hidup di dunia. Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya. Pandangan hidup dapat di klasifikasikan berdasarkan asalnya terdiri dari tiga macam, yaitu :
1) Pandangan hidup yang berasal dari agama, yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya
2) Pandangan hidup yang berupa ideology yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat dalam pada Negara tersebut
3) Pandangan hidup hasil renungan , yaitu pandangan hidup yang relative kebenarannya.
Sumber pandangan hidup :
1) Agama ( islam memiliki nilai kebenaran yang mutlak )
2) Nilai-nilai budaya budaya suatu bangsa
3) Pancasila
4) Hasil renungan seseorang hingga menjadi ajaran etika untuk hidup
Pandangan hidup seorang muslim :
1) Pedoman hidup : Al-Qur’an
2) Dasar hidup : Islam
3) Tuntunan hidup, arahannya ( vertical kepada Allah dan horizontal yaitu kebahagiaan dunia dan akhirat dan menjadi rahmat bagi segenap alam )
Pandangan hidup pada dasarnya mempunyai unsure-unsur :
1) Cita-cita
2) Kebajikan
3) Usaha
4) Keyakinan / kepercayaan

MANUSIA DAN PERADABAN

peradaban adlah kebudayaan yang telah mencapai tingkat tertentu pada suatu masyarakat, yang tercermin dalam tingkat intelektual, keindahan, teknologi, dan spiritual.
Istilah peradaban dalam bahasa inggris disebut sebagai civilization. Istilah ini sering di pakai untuk menunjukkan pendapat dan penilaian kita terhadap perkembangan kebudayaan. Pada waktu perkembangan kebudayaan mencapai puncaknya berwujud: unsur-unsur budaya yang bersifat halus, indah, tinggi, luhur , dsb. Sehingga istilah peradaban sering di pakai untuk hasil-hasil kebudayaan seperti kesenian , ilmu pengetahuan dan teknologi, adat sopan santun serta pergaulan.
Peradaban memiliki kaitan erat dengan kebudayaan karena pada hakikatnya kebudayaan adlah hasil cipta, rasa, dan karsa manusia.
Kemampuan cipta, manusia menghasilkan pengetahuan.
Kemampuan ras manusia melalui alat-alat inderanya menghasilkan beragam barang seni dan bentuk-bentuk kesenian.
Kemampuan karsa manusia, menghendaki kesempurnaan hidup, kenuliaan dan kebahagiaan sehingga menghasilkan berbagai aktivitas hisup manusia untuk memnuhi kebutuhannya.
Hasil atau produk kebudayaan manusia inilah yang menghasilkan peradaban.
Tinggi rendahnya peradaban suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh:kemajuan teknologi, ilmu pengetahuan dan tingkat pendidikan.
Manusia sebagai makhluk beradab dan masyarakat adab. Manusia adalah makhluk yang beradab sebab dianugerahi harkat, martabat sserta potensi kemanusiaan yang tinggi. Dalam perkembangannya manusia bisa jatuh dalam perilaku kebiadaban karena tidak mampu menyeimbangkan atau mengendalikan cipta, rasa, karsa yang dimilikinya, manusia tersebut telah melanggar hakikat kemanusiaannya

MANUSIA DAN KEADILAN

Keadilan adalah keseimbangan atau keharmonisan antara menuntut hak dan menjalankan kewajiban.
Keadilan juga dapt diartikan:
 Kesdaran adanya hak yang sama bagi setiap warga negara.
 Kesadran adanya kewajiban yang sama bagi setiap warga negara.
 Hak dan kewajiban untuk menciptakan kesejahteraan dan kemakmuran yang merata.
Aristoteles: keadialn adalah kelayakan dalam tindakan manusia, kelayakan diartikan sebagai titik tengah diantara kedua ujung ekstrem yang terlalu banyak dan terlalu sedikit.
Plato: di proyeksiakn pada orang yang adil adalah orang yang mengendalikan diri dan perasaannya dikendalikan oleh akal.
Macam-macam keadilan
 Menurut sumbernya:
Keadilan individual: keadilan yang bergantung pada kehendaka baik atau kehendak buruk masing-masing individu.
Keadilan sosial: keadilan yang pelaksanaannya bergantung pada struktur-struktur itu terdapat dalam bidang polotik, ekonomi, sosial budaya dan ideologi.
 Menurut jenisnya:
Keadilan legal (keadilan moral), terwujud bila setiap anggota dalam masyarakat melakukan fungsinya dengan baik menurut kemampuannya.
Keadilan distributif, terwujud apabila hal-hal yang sama diperalkuakn secara sama dan hal-hal yang tidak sama secara tidak sama.
Keadilan kumulatif, terwujud apabila tindakannya tidak bercorak akstrem sehingga merusak atau menghancurkan petalian di dalm masyarakat, sehingga masyarakat menjadi tidak tertib.
Ciri ciri nilai keadilan:
 Tidak memihak
 Sama hak
 Sah menurut hukum
 Layak dan wajar
 Benar secara moral

MANUSIA DAN CINTA KASIH

Cinta adalah perasaan sangat suka atau saying. Sedangkan kata kasih perasaan saying atau cinta dengan menaruh belas kasihan. Dengan demikian cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan saying kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.
Perbedaan Antara Cinta Dan Kasih : Kalau cinta lebih mengandung pengertian tentang rasa yang mendalam. Sedangkan kasih merupakan pengungkapan untuk mengungkapkan rasa dan mengarah kepada yang dicintai.
Perbedaan Antara Cinta Dan Nafsu : Cinta bersifat manusiawidan rohaniah, Sedangkan nafsu bersifat jasmaniah. Cinta menunjukan prilaku memberi, Sedangkan nafsu bersifat menuntut.
Cinta memiliki tiga tingkatan :
1) Cinta tingkat tinggi yaitu cinta kepada Allah, rosulullah, dan berjihad di jalan allah.
2) Cinta tingkat menengah yaitu cinta kepada orang tua, anak, saudara, istri/suami, dan kerabat.
3) Cinta tingkat rendah yaitu cinta yang lebih mengutamakan cinta keluarga, kerabat, harta, dan tempat tinggal.
Cinta ideal memiliki 3 unsur, yaitu : Keterikatan, keintiman, dan kemesraan. Menurut Erich Fromm ada 4 syarat untuk mewujudkan cinta kasih, yaitu :
1) Pengenalan
2) Tanggung jawab ( responsibility )
3) Perhatian ( care )
4) Saling menghormati ( respect )
Untuk keutuhan cinta dituntut :
1) Rasa tanggung jawab
2) Pengorbanan
3) Kejujuran
4) Saling percaya
5) Pengertian
6) Saling terbuka

MODERNISASI DAN GLOBALISASI

Modernisasi merupakan proses mengangkat kehidupan, suasana batin yang lebih baik dan maju dari pada kehidupan sebelumnya, suasana kehidupan yang serasi dengan kemajuan jaman, maka dalam kehidupan modern tercermin : Alam pikiran rasional, ekonomis, efektif, dan efisien menuju kehidupan yang makin produktiF.
Globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antara bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, infestasi, perjalanan, budaya popular, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu Negara menjadi sempit.Globalisasi merupakan suatu proses dimana antar individu, kelompok, dan antar Negara saling mempengaruhi satu sama lain yang melintasi batasan Negara. Globalisasi mempengaruhi hampir semua aspek yang ada di masyarakat, termasuk diantaranya aspek budaya. Globalisasi juga sebagai sebuah gejala tersebarnya nilai-nilai dan budaya tertentu ke seluruh dunia.

KEPRIBADIAN (PERSONALITY)

Kepribadian adalah susunan tingkah laku atau tindakan dari tiap-tiap individu atau ciri-ciri watak seorang individu yang konsisten ayng memberikan kepadanya suatu identitas sebagai individu yang khas.
Unsur-unsur personality
 Pengetahuan sebagai hasil penggunaan panca indera adalah segala sesuatu yang kita ketahui (unsur-unsur yang mengisi alam jiwa).
Persepsi
Apersepsi adalah penggambaran oleh manusia berbeda deengan foto, manusia terfokus pada bagian-bagian khusus (mata, telinga, ..), di olah oleh akal fikir, di gabung dengan penggambaran lama lalu diproyeksikan sebagai penggamabaran baru dengan pengertian baru.
Pengamatan adalah suatu persepsi saat di proyeksikan berfokus pada hal yang menarik (lebih terpusat/lebih intensif), pada bagian-bagian yang khusus tadi. (Pemusatan akal yang lebih intensif.)
Konsep adalah menggabung, membandingkan bagian dari suatu penggambaran denagn bagian-bagian dari suatu penggambaran lain yang sejenis. Dengan prosese akal, kemasmpuan manusia untuk membentuk suatu penggabarn yang abstrak yang dalm kenyataanya belum ada. (penggmbaran abstrak).
Fantasi
 Perasaan
 Drive (Dorongan ) isi materinya berupa: Dorongan untuk mempertahankan hidup, sex, mencari makan, berinteraksi, meniru, berbakti, keindahan, dll

STRATIFIKASI SOSIAL

Stratifikasi sosial (social stratifycation) adalah pembedaan atau penglompokan para anggota masyarakat secara vertical (bertingkat)ukuran atau criteria yang menonjol/dominan sebagai dasar pembentuan stratifikasi social adalah sebagai berikut :
1.ukuran kekayaan.
2.kekuasaan dan wewnang.
3.ukuran kehormatan
4.ukuran IPTEK
Stratifikasi sosial dapat terjadi dengan sendirinya sebagai bagian dari proses pertumbuhan masyarakat juga dapat dibentuk untuk tercapainya tujuan bersama.faktor yang menyebabkan stratifikasi social dapat tumbuh dengan sendirinya adalah kepandaian,usia ,sistem kekerabatan,dan harta dalam batasan –batasan tertentu.
Sifat sistem lapisan masyarakat
1. Closed social stratification (membatasi kemungkinan pindahnya lapisan sosial), dalam masyarakat yang menguasai kasta, darah biru dll.
2. Open social stratification (ada kesempatan dengan keckapannya pindah lapisan), kekayaan, kekuasaan, kehormatan, ilmu pengetahuan dll.

MANUSIA SEBAGAI MAHKLUK INDIVIDU, SOSIAL, BUDAYA, POLITIK, HUKUM DAN PSIKOLOGI

A. Manusia sebagai individu
Manusia terlahirkan menjadi makhluk individu, dan pada hakekatnya manusia tidak dapat ter pisahkan antara lahir dan batin atau jiwa dan raga.
Dalam perkembangannya, manusia sebagai makhluk individu tidak hanya bermakna kesatuan jiwa dan raga, tetapi akan menjadi pribadi yang khas dengan corak kepribadiannya termasuk kemampuan kecakapannya. Setiap manusia memiliki perbedaan, hal itu dikarenakan manusia memiliki karakteristik sendiri, ia memiliki sifat, watak, keinginan dan cita-cita yang berbeda satu sama lainnya.
B. manusia sebagai mahluk social
Pada kenyataanyya manusia tidak mampu hidup sendiri dalam menjalani kehidupannya,maka manusia akan senantiasa bersama dan bergantung pada manusia lainya
C. manusia sebagai mahluk budaya.
Artinya manusia adalah mahluk yang berkemampuan menciptakakan kebaikan,kebenaran,keadilan,dan bertanggung jawab
D. Manusia sebagai makhluk politik
Politik bisa diartikan sebagai cara agar manusia dapat memenuhi keinginannya dan bisa bersaing mengalahkan orang lain. Dengan politik manusia bisa merencanakan dan menyusun strategi dalam bertindak, karena manusia tidak lepas dari yang namanya politik, maka dari itu manusia dinamakan sebagai makhluk politik.
E. Manusia sebagai makhluk ekonomi
Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, pertukaran, dan konsumsi barang dan jasa. Untuk memenuhi kebutuhannya, manusia melakukan berbagai kegiatan. Kegiatan manusia dalam memenuhi atau memuaskan kebutuhannya harus sesuai dengan kemampuannya. Kegiatan tersebut menunjukkan kedudukan manusia sebagai makhluk ekonomi (homo economicus)
Sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi pada dasarnya selalu menghadapi masalah ekonomi. Inti dari masalah ekonomi adalah kenyataan bahwa kebutuhan manusia jumlahnya tidak terbatas, sedangkan alat pemuas kebutuhan manusia jumlahnya terbatas

.
F. Manusia sebagai makhluk psikologi
Manusia adalah insan bila dilihat dari sudut pandang psikologinya. Insan dalam bahasa arab menunjuk manusia sebagai makhluk psikologi, kata insan sendiri berasal dari tiga asal kata: UNS bermakna mesra, harmoni, jinak dan tampak. Bila tiga asal kata tersebut disatukan menjadi sebuah definisi maka manusia bila ditinjau dari segi psikologinya adalah makhluk yang memiliki harmoni jiwa, cinta, benci, jinak, terkadang sstress dan sering lupa.
Manusia dan Permasalahannya
Suatu masalah social dapat timbul atau terjadi karena ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat (tatanan kebudayaan/tatanan kelakuan yang menyimpang). Masalah sosial ini muncul akibat terjadinya perbedaan yang mrncolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Sebuah masalah dikatakan maslah sosial apabila berssangkutan dengan hubungan antara manusia dan mengganggu keutuhan masyarakat.
Penyebab masalah sosial dapat diklasifikasikan dalam 4 (empat) kategori:
 Faktor ekonomis: kemiskinan, pengangguran.
 Faktor biologis: penyakit.
 Faktor psikologis: syaraf, bunuh diri.
 Faktor kebudayaan: perceraian, kejahatan.

VISI DAN MISI MBB ISBD

Visi dari ISBD
 Menjadi sumber nilai, moral, estetikadan panduan bagi penyelenggaraan pendidikan dalam mengantarkan mahasiswa mengembangkan kemampuan pemahaman serta pengetahuan tenatang:
 Keanekaragam agama, kesederajatan dan kemartabatan manusia sebagai indidvidu dan makhluk sosial di dalam kehidupan bermasyarakat dengan berpedoman kepada kebudayaan melalui pranata pendidikan.
 Tanggung jawab manusia terhadap sumber daya alam dan lingkungannya dalam berkehidupan bermasyarakat baik nasional maupun global yang membatasi tindak kekaryaan seseorang sesuai dengan kompetensi keahliannya.
Misi ISBD
Adalah memberikan landasan pengetahuan dan wawasan luas serta keyakinan kepada mahasiswa sebagai bekal hidup bermasyarakat selaku individu, makhluk sosial yang beradab, bertanggung jawab terhadap sumber daya alam dan lingkungannya.
Tujuan ISBD
 Mengembangkan kesadaran mahasiswa menguasai tentang pengetahuan keanekaragaman serta kesederajatan manusia sebagai individu dan makhluk dalam kehidupan bermasyarakat.
 Menumbuhkan sikap kritis, peka dan arif dalam memahami keragaman dan kesederajatan manusia dengan landasan nilai estetika, etika dan moral dalam kehidupan bermasyarakat.
Memberikan landasan pengetahuan dan wawasan yang luas serta keyakinan terhadap mahasiswa sebagai bekal bagi hidup bermasyarakat, selaku individu dan makhluk social yang beradab dalam mempraktekan pengetahuan akademik dan keahliannya

HAKIKAT DAN RUANG LINGKUP MBB ISBD

Kelompok mata kuliah MPK dan MBB berusaha membekali mahasiswa berupa kemampuan dasar tentang pemahaman, pemaknaan dan pengamalan nilai-nilai dasar kemanusiaan baik sebagai pribadi, warga Negara Indonesia, anggota keluarga, anggota masyarakat dan sebagai bagian dari alam ciptaan tuhan. tujuannya memberikan landasan berfikir, bersikap dan bertindak agar lulusan perguruan tinggi menjadi manusia yang memiliki kepribadian yang utuh yaitu pribadi yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha Esa, berakhlak mulia, sehat rohani dan jasmani, cerdas, terampil, mandiri memiliki jati diri serta memiliki rasa tanggung jawab kemanusiaan dan kebangsaan.
Untuk mencapai tujuan tersebut di susunlah kurikulum ini yang memuat nilai-nilai dasar, ISBD merupakan paduan/integrasi dari kajian ISD dan IBD. Dengan di berikan kajian ISBD di harapkan dapat memberikan wawasan akan pentingnya pendekatan social dan budaya. Dalam menangani masalah alam hal ini di maksudkan agar pendekatan social dan budaya senantiasa di pertimbangkan dan melandasi setiap upaya mencari solusi atas pemecahan masalah alam yang mereka hadapi.
Kompetensi dari lulusan ISB di harapkan para luluusan mampu:
a) Menguasai pengetahuan tentang keanekaragaman, kesederajatan dan kebeermartabatan manusia sebagai makhluk individu dan social dalam berkehidupan bermasyarakat.
b) Memahami dan menghormati estetika, etika dan nilai-nilai budaya yang menjadi pedoman bagi keteraturan dan kesejahteraan hidup dalam menata hidup kebersamaan dalam masyarakat.

GENERAL EDUCATION DI INDONESIA

General education yang ada di amerika telah di klaborasi oleh para ahli pendidikan di Indonesia menjadi studi/ mata kuliah yang dulu di sebut MKDU, MKDU ini di bagi dua kelompok mata kuliah yaitu:
1) MPK (mata kuliah pengembangan kepribadian) yang meliputi pendidikan pancasila, pendidikan agama, dan pendidikan kewiraan nasional.
2) MBB (mata kuliah berkehidupan bermasyarakat) yang meliputi ISD, IBD dan IAD. IBD dan ISD melebur menjadi mata kuliah ISBD
Konsep pendidikan umum di Indonesia berangkat dari undang-undang no.20 tahun 2003 tentang sistim pendidikan nasional. Berdasarkan dari tujuan pendidikan nasional, kurikulum, pendidikan nasional Indonesia selalau memuat nilai-nilai ketuhanan dan kemanusiaan secara terintegrasi. Untuk di tingkat perguruan tinggi di sebut mata kuliah dasar umum (MKDU) yaitu sekelompok mata kuliah yang landasan yang memberikan pengembangan dunia spesialisasinya masing-masing , MKDU di ubah menjadi MKK dan MBB. Kedua kelompok bidang studi ini merupakan salah satu bentuk pembelajaran mahasiswa perguruan tinggi Indonesia dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan nasional yaitu membentuk kepribadian yang utuh melalui pembelajaran secara terintegrasi dengan menggunakan pendekatan multi atau indisiplner.

















General education yang ada di amerika telah di klaborasi oleh para ahli pendidikan di Indonesia menjadi studi/ mata kuliah yang dulu di sebut MKDU, MKDU ini di bagi dua kelompok mata kuliah yaitu:
1) MPK (mata kuliah pengembangan kepribadian) yang meliputi pendidikan pancasila, pendidikan agama, dan pendidikan kewiraan nasional.
2) MBB (mata kuliah berkehidupan bermasyarakat) yang meliputi ISD, IBD dan IAD. IBD dan ISD melebur menjadi mata kuliah ISBD
Konsep pendidikan umum di Indonesia berangkat dari undang-undang no.20 tahun 2003 tentang sistim pendidikan nasional. Berdasarkan dari tujuan pendidikan nasional, kurikulum, pendidikan nasional Indonesia selalau memuat nilai-nilai ketuhanan dan kemanusiaan secara terintegrasi. Untuk di tingkat perguruan tinggi di sebut mata kuliah dasar umum (MKDU) yaitu sekelompok mata kuliah yang landasan yang memberikan pengembangan dunia spesialisasinya masing-masing , MKDU di ubah menjadi MKK dan MBB. Kedua kelompok bidang studi ini merupakan salah satu bentuk pembelajaran mahasiswa perguruan tinggi Indonesia dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan nasional yaitu membentuk kepribadian yang utuh melalui pembelajaran secara terintegrasi dengan menggunakan pendekatan multi atau indisiplner.

KONSEP GENERAL EDUCATION (KONSEP PENDDIDIKAN UMUM)

Pendidikan umum merupakan pendidikan yang komprehensif yaitu mendidik kepala, hati, dan tangan. ( sasaran yang di sentuh: rasio, rasa dan tingkah laku).
Yang melatarbelakangi lahirnya general education yaitu reaksi terhadap kecenderungan masyarakat modern yang mendewakan produk teknologi dan cenderung mengabaikan nilai-nilai kemanusiaan sebagai akibat dari produk sistim pendidikan modern yang sekuler yaitu pendidikan yang mementingkan pengembangan spesialisasi, sementara nilai-nilai kemanusiaan yang bersifat universal nyaris terabaikan.
Menurutphilip H. Phenix (1964:6), enam pola esensial bagi segenap mahasiswa
 Makna symbolic, yaitukemampuan berbahasa dan berhitung’
 Makna empirik, yaitu kemempuan untuk memaknai benda-benda melalui proses penjelajahan dan penyelidikan empiris.
 Makana esthetic, yaitu kemempuan memeknai keindahan seni dan fenomene alam.
 Makna ethics, yaiu kemempuan memeknai baik buruk.
 Makana synoethics yaitu kemempuan berfikir logis, rasional sehingga dapat memaknai benar salah.
Makana synoptic yaitu kemempuan untuk beragama atau berfilsafat.

PENGERTIAN ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA

Sumber dari semua ilmu pengetahuan adalah filsafat. Dari filsafat lahir tiga ilmu pengetahuan:
Natural science, ilmu-ilmu alam yang meliputi: fisika, kimia, biologi dll)
Social science, ilmu-ilmu sosial meliputi: sejarah, politik, ekonomi, dll)
Humanities, ilmu-ilmu budaya meliputi: bahas, agama, kesenian, dll)
A. Pengertian ilmu social
Dalam dunia pengajaran ilmu-ilmu sosialmengalami perkembangan sehingga timbul paham studi social (sisial studies kalau di Indonesia IPS). Paham ini di pergunakan bagi keperluan pendidikan dan pengajaran, studi social /IPS adalah ilmu-ilmu social yang di sederhanakan untuk tujuan pendidikan dan pengajaran di SD dan menengah, ilmu social dinamakan karena ilmu tersebut mengambil masyarakat atau kehidupan bersama sebagai objek yang di pelajarinya, untuk membedakan antara ilmu-ilmu social adalah pusat perhatian (fokus of interest)
B. Pengertian ilmu budaya
Ilmu budaya adalah suatu ilmu pengetahuan mengenai aspek-aspek yang paling mendasar dalam kehidupan manusia . sebagai mahluk berbudaya (homohumanus) dan masalah-masalah yang menyertainya. Sering di sebut dengan humanities yang merupakan pengetahuan tentang konsep-konsep yang di gunakan untuk masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Materi ilmu budaya dan bahan pengetahuan humaniora seperti filsafat, teleologika, ilmu hokum, sejarah, bahasa, kesusastraan, dan seni.