Sabtu, 18 Juni 2011

MANUSIA DAN PERADABAN

peradaban adlah kebudayaan yang telah mencapai tingkat tertentu pada suatu masyarakat, yang tercermin dalam tingkat intelektual, keindahan, teknologi, dan spiritual.
Istilah peradaban dalam bahasa inggris disebut sebagai civilization. Istilah ini sering di pakai untuk menunjukkan pendapat dan penilaian kita terhadap perkembangan kebudayaan. Pada waktu perkembangan kebudayaan mencapai puncaknya berwujud: unsur-unsur budaya yang bersifat halus, indah, tinggi, luhur , dsb. Sehingga istilah peradaban sering di pakai untuk hasil-hasil kebudayaan seperti kesenian , ilmu pengetahuan dan teknologi, adat sopan santun serta pergaulan.
Peradaban memiliki kaitan erat dengan kebudayaan karena pada hakikatnya kebudayaan adlah hasil cipta, rasa, dan karsa manusia.
Kemampuan cipta, manusia menghasilkan pengetahuan.
Kemampuan ras manusia melalui alat-alat inderanya menghasilkan beragam barang seni dan bentuk-bentuk kesenian.
Kemampuan karsa manusia, menghendaki kesempurnaan hidup, kenuliaan dan kebahagiaan sehingga menghasilkan berbagai aktivitas hisup manusia untuk memnuhi kebutuhannya.
Hasil atau produk kebudayaan manusia inilah yang menghasilkan peradaban.
Tinggi rendahnya peradaban suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh:kemajuan teknologi, ilmu pengetahuan dan tingkat pendidikan.
Manusia sebagai makhluk beradab dan masyarakat adab. Manusia adalah makhluk yang beradab sebab dianugerahi harkat, martabat sserta potensi kemanusiaan yang tinggi. Dalam perkembangannya manusia bisa jatuh dalam perilaku kebiadaban karena tidak mampu menyeimbangkan atau mengendalikan cipta, rasa, karsa yang dimilikinya, manusia tersebut telah melanggar hakikat kemanusiaannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar