Sabtu, 18 Juni 2011

MANUSIA SEBAGAI MAHKLUK INDIVIDU, SOSIAL, BUDAYA, POLITIK, HUKUM DAN PSIKOLOGI

A. Manusia sebagai individu
Manusia terlahirkan menjadi makhluk individu, dan pada hakekatnya manusia tidak dapat ter pisahkan antara lahir dan batin atau jiwa dan raga.
Dalam perkembangannya, manusia sebagai makhluk individu tidak hanya bermakna kesatuan jiwa dan raga, tetapi akan menjadi pribadi yang khas dengan corak kepribadiannya termasuk kemampuan kecakapannya. Setiap manusia memiliki perbedaan, hal itu dikarenakan manusia memiliki karakteristik sendiri, ia memiliki sifat, watak, keinginan dan cita-cita yang berbeda satu sama lainnya.
B. manusia sebagai mahluk social
Pada kenyataanyya manusia tidak mampu hidup sendiri dalam menjalani kehidupannya,maka manusia akan senantiasa bersama dan bergantung pada manusia lainya
C. manusia sebagai mahluk budaya.
Artinya manusia adalah mahluk yang berkemampuan menciptakakan kebaikan,kebenaran,keadilan,dan bertanggung jawab
D. Manusia sebagai makhluk politik
Politik bisa diartikan sebagai cara agar manusia dapat memenuhi keinginannya dan bisa bersaing mengalahkan orang lain. Dengan politik manusia bisa merencanakan dan menyusun strategi dalam bertindak, karena manusia tidak lepas dari yang namanya politik, maka dari itu manusia dinamakan sebagai makhluk politik.
E. Manusia sebagai makhluk ekonomi
Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, pertukaran, dan konsumsi barang dan jasa. Untuk memenuhi kebutuhannya, manusia melakukan berbagai kegiatan. Kegiatan manusia dalam memenuhi atau memuaskan kebutuhannya harus sesuai dengan kemampuannya. Kegiatan tersebut menunjukkan kedudukan manusia sebagai makhluk ekonomi (homo economicus)
Sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi pada dasarnya selalu menghadapi masalah ekonomi. Inti dari masalah ekonomi adalah kenyataan bahwa kebutuhan manusia jumlahnya tidak terbatas, sedangkan alat pemuas kebutuhan manusia jumlahnya terbatas

.
F. Manusia sebagai makhluk psikologi
Manusia adalah insan bila dilihat dari sudut pandang psikologinya. Insan dalam bahasa arab menunjuk manusia sebagai makhluk psikologi, kata insan sendiri berasal dari tiga asal kata: UNS bermakna mesra, harmoni, jinak dan tampak. Bila tiga asal kata tersebut disatukan menjadi sebuah definisi maka manusia bila ditinjau dari segi psikologinya adalah makhluk yang memiliki harmoni jiwa, cinta, benci, jinak, terkadang sstress dan sering lupa.
Manusia dan Permasalahannya
Suatu masalah social dapat timbul atau terjadi karena ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat (tatanan kebudayaan/tatanan kelakuan yang menyimpang). Masalah sosial ini muncul akibat terjadinya perbedaan yang mrncolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Sebuah masalah dikatakan maslah sosial apabila berssangkutan dengan hubungan antara manusia dan mengganggu keutuhan masyarakat.
Penyebab masalah sosial dapat diklasifikasikan dalam 4 (empat) kategori:
 Faktor ekonomis: kemiskinan, pengangguran.
 Faktor biologis: penyakit.
 Faktor psikologis: syaraf, bunuh diri.
 Faktor kebudayaan: perceraian, kejahatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar