Sabtu, 18 Juni 2011

MANUSIA SAIN DAN TEKNOLOGI

Sain dan teknologi dapat berkembang melalui penemuan ( discovery ), penciftaan ( invention ), melalui berbagai bentuk inovasi dan rekayasa. Sain adalah ilmu pengetahuan yang teratur ( sistematik ) yang dapat di uji kebenarannya sesuai dengan realita.
Teknologi merupakan keterampilan manusia menggunakan sumber daya alam untuk memecahkan satu masalah yang dihadapi dalam kehidupan kegunaan IPTEK bagi manusia sangat tergantung dari, moral, norma dan hokum yang mendasarinya. IPTEK tanpa nilai sangat berbahaya dan manusia tanpa IPTEK mencerminkan keterbelakangan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat mendatangkan kemakmuran materi. Dengan menggunakan cabang-cabang ilmu pengetahuan baru, kita dapat memperoleh hasil. Perkembangan ilmu pengetahuan dan tenologi bergerak cepat, sehingga perlu ditanggapi dan dipersiapkan dalam menghadapinya sesuai kebutuhan bangunan.
Manusia sebagai subjek dan objek IPTEK dengan adanya kemajuan ilmu teknologi manusia dapat menciptakan perlengkapan yang canggih untuk berbagai kegiatan sehingga dalam kegiatan kehidupannya tersedia berbagai kemudahan.
Makna IPTEK
 Perkembangan Teknologi dapat menghasilkan kemakmuran bagi masyarakat
 Sifat ketidakpuasan manusia mendorong kemajuan teknologi digunakan untuk memudahkan kehidupan menusia.
Nilai IPTEK
 IPTEK dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pembangunan.
 Perkembangan IPTEK harus mampu menyesuaikan nilai yang dianut suat masyarakat.

Faktor Penghambat Manusia Untuk Maju
• disiplin yang rendah
• daya juang yang rendah
• tidak jujur
• bahasa
• tidak adanya penghargaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar